(dikutip dari dan di-link ke: http://www.e-dukasi.net/)
Fungsi dan Grafik Fungsi merupakan salah satu materi dalam matematika yang sangat membantu kita dalam kehidupan sehari-hari berkaitan dengan fungsi penawaran dan permintaan, bidang konstruksi bangunan atau jembatan serta dalam bidang lain. Mengingat fungsi ... [Download]
Kompetensi
* Siswa dapat mengklasifikasikan fungsi linier dan fungsi kuadrat
* Siswa dapat menentukan nilai fungsi aljabar
* Siswa dapat menentukan rumus fungsi aljabar
* Siswa dapat menggambar sketsa grafik fungsi linier pada bidang Cartesius
* Siswa dapat menggambar sketsa grafik fungsi kuadrat pada bidang Cartesius.
1. Konsep Fungsi
Definisi:
Fungsi dari himpunan A ke himpunan B adalah relasi khusus yang memasangkan setiap anggota himpunan A dengan tepat satu anggota himpunan B
Dengan diagram panah dapat ditunjukkan bahwa :
Ini adalah fungsi, sebab setiap anggota himpunan A dipasangkan dengan tepat satu anggota B
Ini bukan fungsi, sebab ada anggota himpunan A yaitu 2 yang tidak dipasangkan dengan anggota B
Pada diagram panah berikut :
Himpunan A = {1 , 2 , 3 } dinamakan Domain / daerah asal
Himpunan B = { a , b , c } dinamakan Kodomain / daerah kawan
Himpunan { a , b } dinamakan Range / daerah hasil
Pemasangan yang terjadi oleh fungsi f adalah :
Fungsi f memetakan semua anggota himpunan A dengan tepat satu anggota himpunan B,yaitu :
f : 1 → b
f : 2 → a
f : 3 → b
Notasi dan Rumus Fungsi
Jika suatu fungsi f memetakan setiap x anggota himpunan A ke y anggota himpunan B, maka dapat ditulis dengan notasi fungsi yaitu: f : x → y
Fungsi f seperti dalam notasi tersebut di atas dapat juga dituliskan rumus fungsinya, yaitu: f(x) = y
Contoh :
Diketahui himpunan A = { 1, 2, 3 } dan B = { 4, 5, 6,7,8 }.
Fungsi f memetakan setiap x anggota A ke x + 4 anggota B.
a | Nyatakan fungsi tersebut dengan diagram panah |
b | Nyatakan notasi fungsi tersebut |
c | Nyatakan rumus fungsi tersebut |
d | Nyatakan daerah asal |
e | Nyatakan daerah kawan |
f | Nyatakan daerah hasil |
Jawaban :
Fungsi f memetakan setiap x anggota A ke x + 4 anggota B.
a. diagram panah
b | notasi fungsi adalah f : x → x + 4 |
c | rumus fungsi adalah f (x) = x + 4 |
d | daerah asal adalah { 1, 2, 3 } |
e | daerah kawan adalah { 4, 5, 6, 7, 8 } |
f | daerah hasil adalah { 5, 6, 7 } |
Pada materi ini akan di bahas fungsi linear dan fungsi kuadrat.
Bentuk umum fungsi linear adalah f (x) = ax + b dengan a ≠ 0
a. | adalah koefisien x |
b. | adalah koefisien suku tetap/constanta |
Contoh :
1. | f (x) = x | dengan nilai a = 1 dan b = 0 |
2. | f (x) = 2x – 3 | dengan nilai a = 2 dan b = -3 |
Bentuk umum fungsi kuadrat adalah f (x) = ax2 + bx + c dengan a ≠ 0
a. | adalah koefisien x2 |
b. | adalah koefisien x |
c. | adalah koefisien suku tetap/konstanta |
Contoh :
1. | f (x) = x2 | dengan nilai a = 1, b = 0 dan c = 0 |
2. | f (x) = -2x2 + 3x | dengan nilai a = -2 , b = 3 dan c = 0 |
3. | f (x) = 3x2 – 2x + 1 | dengan nilai a = 3, b = -2 dan c = 1 |
2. Menentukan Nilai Fungsi
Menentukan nilai fungsi f (x) adalah dengan mensubstisusikan/mengganti nilai x yang diketahui pada rumus fungsi f (x) tersebut
Contoh : | ||
1. | Suatu fungsi f dinyatakan dengan f (x) = 3x – 2, tentukan nilai dari : | |
a. | f (0) | |
b. | f (-5) | |
c. | f (6) |
Jawab : | |||||
a. | f (x) = 3x – 2 | b. | f (x) = 3x – 2 | c. | f (x) = 3x - 2 |
f (0) = 3 0 – 2 | f (-5) = 3 (-5) – 2 | f (6) = 3 6 - 2 | |||
= 0 – 2 | = -15 – 2 | = 18 - 2 | |||
= -2 | = -17 | = 16 |
Penyelesaian contoh 1 dapat juga menggunakan tabel nilai fungsi, yaitu :
Fungsi f (x) = 3x – 2
2. | Suatu fungsi f dinyatakan dengan f (x) = 3x2 – 2x + 1, tentukan nilai dari : | |
a. | f (0) | |
b | f (3) | |
c. | f (-4) |
b. | f (x) | = 3x2 – 2x + 1 |
f (3) | = 3 x 32 – 2 x 3 + 1 | |
= 27 – 6 + 1 | ||
= 22 |
c. | f (x) | = 3x2 – 2x + 1 |
f (-4) | = 3 (-4)2 – 2 (-4) + 1 | |
= 48 + 8 + 1 | ||
= 57 |
Penyelesaian contoh 2 dapat juga menggunakan tabel yaitu :
Fungsi f (x) = 3x2 – 2x + 1
3. Menentukan Bentuk Fungsi
Menentukan Bentuk/Rumus Fungsi
Bentuk/rumus suatu fungsi dapat ditentukan jika diketahui nilai dan data fungsi dengan menggunakan rumus f (x) = ax + b untuk fungsi linier atau rumus f (x) = ax2 + bx + c untuk fungsi kuadrat.
Contoh :
Suatu fungsi linier didefinisikan dengan rumus f (x) = ax + b.
Jika diketahui f (3) = 14 dan f (5) = 20, tentukanlah:
a. nilai a dan b
b. bentuk/rumus fungsi
Jawab :
a. | f (x) | = ax + b | |||
f (3) | = 3a + b | = 14 | → 3a + b | = 14 | |
f (5) | = 5a + b | = 20 | 3(3) + b | = 14 | |
----------------------------- - | 9 + b | = 14 | |||
-2a | = -6 | = 5 | |||
a | = 3 |
b. | Bentuk fungsi : | |
f (x) | = ax + b | |
f (x) | = 3x + 5 |
4. Menggambar Sketsa Grafik Fungsi
Menggambar grafik fungsi [1] (Situs Geocites, lihat footer di bawah!) pada sistem koordinat Cartesius dapat dilakukan dengan membuat tabel fungsi untuk menemukan perubahan nilai fungsi jika variabel x berubah.
Langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk manggambar grafik fungsi adalah : | |
1. | Buatlah tabel nilai fungsi dengan memperhatikan domain/daerah asal |
2. | Hitunglah nilai f (x) dengan tabel nilai fungsi |
3. | Buatlah sumbu koordinat Cartesius yaitu sumbu x dan sumbu f (x) atau y |
4. | Buatlah noktah yang menghubungkan nilai x dan f (x) dari tabel baris pertama dan terakhir |
5. | Jika domainnya bilangan Real maka grafiknya tinggal dibuat dengan menghubungkan koordinat titik-titik yang ada dengan kurva mulus. |
Contoh :
Buatlah tabel fungsi dan grafiknya jika suatu fungsi dinyatakan dengan f (x) = 2x + 5, dengan daerah asal { x | -3 ≤ x ≤ 3, x R }
Jawab :
Koordinat titik yang memenuhi adalah (-3 , -1), (-2 , 1 ), (-1 , 3), (0 , 5), (1 , 7), (2 , 9) dan (3, 11)
Tempatkan titik-titik tersebut pada bidang cartesius dengan memberi tanda noktah.
Grafiknya dapat digambar dengan menghubungkan noktah-noktah yang ada.
Grafik Fungsi f (x) = 2x + 5, dengan daerah asal { x | -3 ≤ x ≤ 3, x R } adalah :
Contoh :
Buatlah tabel fungsi dan grafiknya jika suatu fungsi dinyatakan dengan f (x) = x2 + 2x - 3, dengan daerah asal { x | -5 ≤ x ≤ 3, x R }
Jawab :
Koordinat titik yang memenuhi adalah (-5 , 12), (-4 , 5 ), (-3, 0), (-2 , -3), (-1 , -4), (0 , -3), (1 , 0), (2 , 5) dan (3, 12)
Tempatkan titik-titik tersebut pada bidang cartesius dengan memberi tanda noktah.
Grafiknya dapat digambar dengan menghubungkan noktah-noktah yang ada.
Grafik Fungsi f (x) = x2 – 2x - 8, dengan daerah asal { x | -5 ≤ x ≤ 3, x R } adalah :
[1] Menggambar Sketsa Grafik Fungsi [http://www.geocities.com/ratuilma/appletindo.html] - halaman Simulasi Matematika Java Applet CASCADE-IMEI
Pilih salah satu gambar dan klik pada tabel di bawah ini !
Jumlah sudut | | Kuadrilateral | | Teorema Thales | | y=a cos(bx+c) |
Titik berat | | y= Sin x&2x | | Fungsi Linear | | y = asin(bx+c) |
T. Phytagoras | | Fungsi kuadrat | y=sinx,cosx,tgx | | y = a tg(bx+c) |
FUNGSI DAN GRAFIKNYA:
Simulasi
* Simulasi 1
* Simulasi 2
Latihan
Tes
Materi Pokok SMP » Kelas VII » Matematika
No comments:
Post a Comment